Jumat, 18 Maret 2016

Pengaruh Positif dan Negatif Komunitas bagi Remaja

Image result for komunitas
Remaja saat ini sangat memperhatikan ketenaran, gaya hidup dan komunitas. Komunitas bagi para remaja merupakan slah satu cara untuk menemukan jati diri. Para remaja menggunakan sebuah komunitas ini sebagai ajang untuk menunjukan bakat, tujuan hidup atau hanya mencari sebuah pengakuan dari masayarakat.

Komunitas adalah sekelompok sosial yang terdiri dari beberapa orang untuk berbagi masalah umumnya mereka memiliki rasa sepenanggungan dan ketertarikan yang sama. Memiliki teman baru, keluarga baru, rumah ke dua dan berbagai kegiatan baru yang membuat para remaja di sibukkan dalam sebuah komunitas. Dengan adanya komunitas mereka merasa hidup lebih berwarna dan hidup terasa lebih berarti.

http://bhina.co.id/cara-mendapatkan-modal-usaha-dari-csr-perusahaan-di-cilacap
http://bhina.co.id/cara-mengurus-stnk-yang-hilang
http://bhina.co.id/jadwal-sim-keliling-polres-cilacap

Banyak komunitas yang berdampak positif, tetapi tidak sedikit pula komunitas yang memberi dampak negatif  bagi para remaja. Karena itu memilih sebuah komunitas untuk mencari teman sangat penting. Bukan berarti kita harus membatasi diri berteman dengan siapa saja namun setidaknya kita telah menyaring hal-hal negatif yang kita terima.

Berikut pengaruh positif dan negatif komunitas bagi remaja:

Pengaruh positif komunitas bagi remaja:

Menghasilkan hal yang baik
Dengan adanya komunitas, remaja menjadi memiliki wadah untuk meluapkan hobi dalam suatu komunitas tersebut. Selain itu dalam komunitas kamu dapat mengembangkan bakat dengan orang yang sudah ahli dalam bidangnya.
Misalnya komunitas sepeda, maka kamu dapat mengembangkan bakat bersama anak sepeda lainnya. Saling memberi saran dan cara saat bermain sepeda yang baik dan benar.

Menambah Wawasan
Dengan adanya komunitas bisa menambah wawasan tentang hal yang kamu sukai bersama komunitas tersebut. Berbagi pengalaman bersama dan menyelesaikan masalah secara bersama merupakan tujuan yang harus dicapai.

Menambah Penghasilan
Pengaruh positif komunitas bagi remaja berikutnya yaitu dapat menambah penghasilan. Bila kamu dapat memaksimalkan eksplorasi dalam komunitas tersebut maka kamu akan menambah penghasilan.

Misalnya komunitas sepeda, kamu dapat berjualan aksesoris sepeda di dalam komunitas tersebut. Selain aksesoris kamu juga dapat berjualan baju sepeda dan konsumen yang dituju pertama adalah anggota komunitas tersebut.

http://bhina.co.id/5-hotel-cilacap-terbaik-untuk-menginap
http://bhina.co.id/lowongan-kerja-holcim-cilacap-2015


Menambah Teman
Sudah dapat dipastikan jika kamu mengikuti sebuah komunitas pasti kamu akan memiliki banyak teman baru. Berkenalan dengan orang yang baru membuat kamu akan menjadi lebih aktif dalam bersosialisasi dalam masyarakat. Namun tetap harus dapat memilih teman dengan selektif agar tidak terjerumus terhadap hal yang tidak baik.

Memiliki rasa solidaritas yang tinggi
Pengaruh positif komunitas bagi remaja selanjutnya yaitu dengan memiliki rasa solidaritas yang tinggi. Karena setiap orang yang tergabung dalam sebuah komunitas pasti akan memiliki rasa kepedulian terhadap sesama anggota komunitas tersebut. Hal ini terjadi karena mereka memiliki rasa sepenanggungan dan rasa kekeluargaan yang tinggi.

Pengaruh negatif Komunitas bagi remaja:

1. Berkurangnya waktu untuk berinteraksi dengan keluarga, karena kesibukannya menjadi anggota baru dalam komunitas tersebut membuat waktu bersama keluarga akan berkurang. Terlebih jika kamu menjadi salah satu pengurus anggota yang memiliki kesibukan lebih.

2. Menjadi manusia yang komsumtif karena kamu akan terus menerus mengikuti gaya hidup yang lagi booming di kalangan komunitas tersebut.

3. Terkadang membuat anda bersifat diskriminatif terhadap orang lain bahkan kepada komunitas lain. Hal ini dapat terjadi jika kamu sudah memiliki rasa yang kuat terhadap komunitasmu tersebut.

Itulah pengaruh positif dan negatif komunitas bagi remaja yang wajib kamu ketahui. Sebaiknya jika kamu sudah memiliki komunitas, pilihlah teman yang sesuai dengan karakter kamu. Namun jika kamu belum memiliki komunitas dan menginginkan untuk bergabung dalam suatu komunitas. Pikirlah berkali-kali pengaruh positif dan negatif komunitas bagi remaja yang akan kamu dapatkan.



http://dbagus.com/intip-rahasia-awet-muda-orang-jepang
http://dbagus.com/cara-menurunkan-kolesterol-dalam-tubuh
http://dbagus.com/beberapa-hal-yang-hanya-bisa-ditemukan-saat-jalan-jalan-ke-malaysia
http://dbagus.com/punya-hobi-travelling-jangan-lewatkan-tempat-wisata-turki-berikut-ini
http://dbagus.com/jenis-kucing-persia-yang-paling-populer-di-indonesia
http://dbagus.com/cara-mencuci-jaket-kulit-yang-benar
http://dbagus.com/hotel-murah-di-singapura-buat-para-backpacker
http://dbagus.com/cara-mengatasi-rasa-kantuk-saat-bekerja
http://dbagus.com/ketahuilah-penyebab-jantung-berdebar-debar-berikut-ini
http://dbagus.com/cara-memasak-daging-kambing-agar-tidak-bau-dan-alot
http://dbagus.com/profil-dan-biodata-personil-exo-terbaru-dan-terlengkap

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar